Cara Install SQL Developer

Join Komunitas TipsKoding.com

Setelah kita berhasil membuat user database selanjutnya kita akan berinteraksi dengan objek database (tabel, views, procedures, functions, dan sebagainya). Untuk berinteraksi dengan objek database selain menggunakan command line, maka kita bisa menggunakan SQL Developer dan Oracle Application Express juga dikenal dengan sebutan hanya Application Express (APEX).

SQL Developer adalah tool berbasis grafis / GUI untuk melakukan operasi-operasi terhadap objek database, seperti menampilkan data, membuat skema, memperbaharui data, menghapus data atau skema, dan sebagainya.

SQL Developer tidak dikemas dalam satu paket bersama Oracle Database Express Edition seperti Oracle Application Express, melainkan kita harus mendownload dan menginstallnya secara terpisah.

Application Express (APEX) adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengembangkan dan menggunakan aplikasi profesional secara cepat. APEX memiliki fitur pembuatan objek database yang lebih terbatas dibandingkan dengan SQL Developer, tetapi dengan APEX memungkinkan kita membuat aplikasi pengelolaan web berbasis form dengan cepat.

Aplikasi Express dikemas satu paket dengan Oracle Database Express Edition, sehingga tidak diperlukan pengunduhan atau instalasi terpisah. Baca tutorial Memulai Menggunakan Oracle Application Express (APEX).

Untuk menginstall dan menjalankan SQL Developer ikuti langkah berikut :

1.     Kunjungi halaman Oracle Technology Network untuk SQL Developer di : http://www.oracle.com/technetwork/developer-tools/sql-developer/

Catatan : Untuk menggunakan SQL Developer diperluka Java Development Kit. Jika kamu pengguna windows 64 bit maka SQL Developer sudah satu paket dengan JDK 7,dan SQL Developer akan menggunakan JDK yang terdapat pada paket SQL Developer untuk windows 64 bit tersebut.

Namun, bisa saja secara manual kita menginstall dahulu JDK pada sistem operasi windows kita (jika memang belum terinstall sebelumnya) dan SQL Developer akan menggunakan JDK tersebut.

2.     Jika kamu tidak mau menginstall JDK maka langsung ikuti langkah no 3. Namun jika memang mau menginstall JDK pada windows ikuti langkah berikut :

  • Pada Halaman download SQL Developer (http://www.oracle.com/technetwork/developer-tools/sql-developer/downloads/index.html), klik download link berikutnya yang menginformasikan SQL Developers requires JDK 7 or above.
  • Pada halaman download Java SE Development Kit 7, dalam tabel Java SE Development Kits, setujui Persetujuan Lisensi Oracle Binary Code untuk Java SE.
  • Klik link untuk mendownload sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.
  • Simpan file dan install JDK tersebut, ikuti tahapan instalasi sampai selesai sesuai instruksi yang ditampilkan.

3.     Pada Halaman Oracle Technology Network untuk SQL Developer : http://www.oracle.com/technetwork/developer-tools/sql-developer/, klik tab Downloads (selanjutnya ke Overview).

4.     Baca dan setujui persetujuan lisensi (license agrement).

5.     Ikuti instruksi untuk mendownload dan menginstall SQL Developer.

 

Langkah instalasi SQL Developer sangatlah mudah, kamu tinggal unzip atau extract file SQL Developer ke folder c:\sqldeveloper (buat folder secara manual).

Untuk menjalankan SQL Developer buka folder sqldeveloper dan lakukan salah sat langkah berikut :

·       Pada sistem linux, ketik sh sqldeveloper.sh

·       Pada sistem windows, double-click sqldeveloper.exe

Jika kamu diminta untuk menginput pathname untuk JDK, klik Browse dan cari dimana JDK terinstall (dalam sistem windows secara default pathname untuk JDK adalah pada C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_51 (sesuai versi JDK yang diinstall).

Dalam menggunakan SQL Developer ketika akan membuat dan bekerja dengan objek database ikuti langkah berikut :

a.      Membuat koneksi database :

Untuk membuat koneksi database ikuti langkah berikut :

1.     Pada Navigator Koneksi, klik kanan koneksi dan pilih New Database Connection.

2.    Gunakan dialog box untuk menentukan informasi koneksi. Gambar berikut menunjukan informasi untuk membuat koneksi untuk user database dengan nama tipskoding.

 

Catatan :

·         Connection Name: alias untuk sebuah koneksi ke database.

·         Username: nama dari user database.

·         Password: password yang dibuat untuk user database.

·         Save Password: opsi jika menginginan password tersimpan, sehingga kita tidak akan diminta kembali mengisi password saat akan kembali menggunakan koneksi tersebut.

·         Hostname: sistem host untuk oracle database, untuk database express edition hostname adalah localhost.

·         Port: Listener port. Port default adalah 1521.

·         SID: nama database. Nama database default untuk Oracle Database  Express Edition adalah xe.

3. Klik untuk untuk menguji apakah informasi koneksi yang kita masukan benar atau salah.

4. Ketika test koneksi sukses maka klik Save untuk menyimpan koneksi tersebut.

5. Untuk membuka koneksi setelah menyimpannya, klik connect. Kita juga bisa membuka koneksi ke database menggunakan Navigator koneksi.

Gambar berikut ini menunjukan Layar Utama SQL Developer setelah koneksi database tipskoding telah dibuat.

b.       Mulai bekerja dengan Objek database.

Pada SQL Developer kita akan dimudahkan bekerja dengan objek database menggunakan antarmuka GUI (Graphics User Interface) atau bisa pula menggunakan query pada worksheet. Tutorial ini akan disajikan pada artikel selanjutnya dalam tutorial Operasi Sederhana Membuat Dan Memanipulasi Objek Database Menggunakan SQL Developer.

Join Komunitas TipsKoding.com

Facebook Comments

POST A COMMENT.